Wednesday, June 26, 2013

KKN

topik yang lagi hangat-hangatnya dikalangan mahasiswa tingkat 3 itu selain KP, juga ada yang namanya KKN.
tapi kalo buat mahasiswa perguruan tinggi swasta seperti aku nggak ada yang namanya KKN. aku cuma ngerasain yang namanya KP. jadi aku penasaran banget sama yang namanya KKN.
yukk kita bahas sedikit tentang KKN ;)  

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.


KKN itu juga merupakan pendidikan untuk para mahasiswa yang mengikuti KKN itu sendiri. Pelaksanaan KKN biasanya mengambil lokasi di masyarakat dan memerlukan keterlibatan masyarakat, maka dari itu realisasinya harus sekaligus bisa memberikan manfaat bagi masyakarat.
Jadi, KKN itu punya tujuan ganda, selain untuk memberikan pendidikan tidak hanya di dalam kelas tetapi juga pendidikan pelengkap kepada mahasiswa untuk pengembangan diri dengan melakukan interaksi sosial kemasyarakatan di luar kelas. Poin pertama yang  diperoleh mahasiswa setelah KKN biasanya nanti mahasiswa bisa mendapat pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat  dan pengalaman kerja nyata dari pembangunan tersebut. Poin kedua yang diperoleh oleh mahasiswa, yaitu bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa dan menambah wawasan. Karena selama KKN mahasiswa belajar berinteraksi secara langsung dengan bermacam-macam karakter individu, yang mana hal tersebut harus memerlukan sebuah kedewasaan dalam memahaminya.

KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah program  intrakurikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Namun demikian, karena pelaksanaannya mengambil lokasi di masyarakat dan memerlukan keterlibatan masyarakat, maka realisasinya harus sekaligus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Karenanya KKN memiliki arah yang ganda, yaitu: memberikan pendidikan tidak hanya dalam kelas tetapi juga pendidikan pelengkap kepada mahasiswa untuk pengembangan diri dengan melakukan interaksi sosial kemayarakatan di luar kelas, dan membantu masyarakat serta pemerintah melancarkan kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan pembangunan di lokasi KKN. - See more at: http://rimalrimaru.com/tujuan-dan-manfaat-kuliah-kerja-nyata-kkn/#sthash.DMZNbNPB.dpuf
Selama KKN biasanya para mahasiswa bersama dengan dosen pembimbingnya sudah menyusun planning tentang kegiatan yang akan dijalankan selama KKN berlangsung. Misalnya seperti membantu perbaikan jalan atau melakukan penanaman pohon di sekitar daerah. Selain itu, mahasiswa KKN juga bisa berbagi ilmu dengan masyarakat atau siswa yang ada di daerah tersebut. Misalnya dengan datang ke sekolah-sekolah, trus ngeshare ilmu yang udah didapat selama sekolah sampai kuliah. Bagusnya sih ilmu yang mudah dipahami sama masyakarat umum dan pastinya harus yang bermanfaat. Nggak perlu ilmu yang terlalu fokus dengan jurusan kita, ilmu yang sederhana tapi bermanfaat, cukup.


Selain itu KKN juga memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang pemanfaatan ilmu, teknologi dan seni yang dipelajarinya bagi pelaksanaan pembangunan.

ini sedikit yang aku tau tentang KKN.

kemarin tanggal 25 juni 2013, aii berangkat ke lokasi KKN.

besok tanggal 27 juni 2013, aii mulai KKN hari pertama.
selamat KKN aii.
cepat selesai KKN nya, cepat pulang :))




No comments:

Post a Comment