Saturday, June 01, 2013

flashback 2 bulan lalu

internship. huh hah

pengalaman internship aku berawal dari obsesi aku buat bisa liburan ke pulau jawa.
bareng temen sekelas aku yang namanya agung, kami memutuskan buat internship ke luar kota, di pulau jawa, Surabaya tepatnya.

sebulan lebih jadi arek arek suroboyo :))
berkumpul sama orang-orang dengan logat jawa yang kental. haaaa suasana yang sangat berbeda :))

jadi sebelum kerja praktek yang bakalan aku jalanin di kota orang, waktu itu banyak hal yang perlu dan sangat perlu buat bener bener disiapin.
hal pertama yang harus disiapin itu "surat izin dari kampus"



ngurus surat izin ke kampus itu gak terlalu ribet dan susah sih menurut aku, aku tinggal minta form internship nya ke kampus, trus diisi, abis itu balikin lagi ke kampus.
emm aku lupa fotoin form buat minta surat izin ke kampusnya ._.
tapi aku inget apa aja yang harus diisi dalam form internship itu.
isinya itu kayak di bawah ini:

dari program studi mana kita berasal, nama, nim, no telepon, nama perusahaan yang pengen kita tuju, bidang kajian yang pengen kita pelajari ketika internship berlangsung nanti, trus tanda tangan deh. selesai. tinggal kasih ke admin. dalam dua hari suratnya selesai. ini contoh surat izin internship aku

surat izin selesai diurus, lanjut ke pengajuan proposal ke perusahaan yang dituju.
nah, perusahaan yang aku tuju itu sebuah perusahaan ISP, PT. Rahajasa Media Internet.
nunggu kabar diterima atau nggaknya itu butuh waktu seminggu dan akhirnya bersyukur kali aku diterima internship di sana berkat bantuan salah seorang dosen ku, Bapak M. Yanuar Hariyawan, S.T., M.T. terima kasih bapak :))

bekal yang paling penting kedua adalah "dana"
kalo internship di luar daerah itu biasanya dana nya lebih extream dari internship di dalam kota.
jadi harus siapin dana yang agak berlebih sedikit biar kelabakan nanti kalo keabisan dana. :))
tapi kalo misalnya dana kamu kira kira nggak cukup, jangan terlalu dipaksain. kasian orangtua.
internship di dalam daerah juga asik kok kata temen aku waktu kita sharing sharing pengalaman internship :))

waktu itu tanggal 27 Februari aku menginjakkan kaki di surabaya buat ketiga kalinya (waktu kecil aku udah dua kali main ke kota arek arek ini :)) )
begitu nyampe tanpa pikir panjang, aku sama agung dan om tamto (adik bapak yang tinggal di surabaya) langsung ke perusahaan tempat aku internship mulai tanggal 1 aprilnya. dan ini dia kantor yang aku datengi setiap hari dari jam 8.30 sampai jam 6.30 setiap senin sampai jum'at. eh, kalo jum'at cuma sampai jam 11.30 sih :p
dan ini diaa hari pertama internship aku. di ruang meeting yang emang jadi ruangan buat anak internship kalo lagi nggak ada meeting.
dihari pertama ini, mentor internship aku nama nya Bapak Mahyuddin Susanto. beliau ini network engineer di RadNet. terima kasih bapak atas bimbingannya selama kurang lebih satu bulan :))
bahagianya di kantor itu, orang orangnya baik semua. mereka seneng banget dapet temen dari luar pulau kayak kami, gitu juga kami sih. seneng juga bisa jadi bagian dari mereka :))
pokoknya pas lagi internship, jangan sombong sombong deh sama staff di perusahaan tempat kita internship. manfaatnya bisa kita rasain nanti pas kita udah menginjakkan kaki di dunia kerja.

hari keempat aku internship, aku diajak ke inti land tower, buat ngeliat data centre nya.
intinya kalo lagi internship itu jangan males males buat terus nanya ke mentornya. biar ilmu dari mentor itu nular ke kita.soalnya kadang mentor itu suka lupa sama anak internshipnya kalo udah sibuk kerja.
tapi kalo kita banyak nanya juga dia gak keberatan buat ngejelasinnya. malah seneng karna diingatkan.

nah, udah sebulan berlalu. inernship aku udah selesai.
menutup internship aku, aku sempetin buat ngabadiin moment ini

sebelum bener bener ninggalin surabaya dan melanjutkan ke destination selanjutnya, aku sama agung nyempetin buat ikut seminar pengguna linux arek arek suroboyo
di sini aku ngeliat satu hal yang menyenangkan. cowo cakep. cakep bukan diliat dari fisik, wajah, dan apa yang dia pakai. tapi cowo itu keliatan cakep karna dia smart.
menurut aku cowo pinter itu selalu keliatan lebih cakep :))
contohnya para pengguna linux arek arek suroboyo ini :))

mengenang surabaya.
mengenang perjalanan penuh makna dan cerita.
suatu saat aku pasti kembali ke sana. dengan cerita baru. dengan cerita yang berbeda. dengan sosok yang berbeda. dan seseorang yang berbeda pula :))
suatu saat kita harus menginjakkan kaki di surabaya ya kece.

No comments:

Post a Comment