Wednesday, July 31, 2013

HIBERNASI HATI

bukan cuma hewan yang ngerasain hibernasi, tapi manusia juga bisa ngerasain yang namanya hibernasi. kalo buat manusia HIBERNASI HATI namanya.

hibernasi hati biasanya terjadi sama seseorang yang baru ngerasain patah hati, putus cinta misalnya.
biasanya orang yang baru ngerasain patah hati punya cara tersendiri buat menyangkal perasaan patah hatinya, perasaan kecewanya untuk sementara waktu. salah satu caranya dengan menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif. tujuannya di sini sih biasanya supaya nggak terlalu berasa sakitnya patah hati itu sendiri. yah walaupun cara ini cuma bertahan untuk sementara, tapi cukup ampuh untuk memperbaiki diri supaya lebih baik dari sebelumnya. dan hasilnya emang positif banget.



contohnya aja aku.
sekarang aku lagi dalam masa hibernasi hati. udah 13 hari aku menjalani proses hibernasi hati ini.
mencoba mencari kesibukan positif dengan siapa saja dan kapan saja diwaktu kosong yang aku punya.

diawal proses hibernasi hati, satu kata yang bisa aku ungkapin "difficult".
yes, it's so difficult. it's so hard to feel. I keep smiling for people, but deep inside I'm bleeding.
nggak jarang dimasa awal ini lamunan dengan pandangan kosong dan perasaan seakan nggak percaya sama keadaan mampir ke rutinitas harian ku. masih teringat jelas, bahkan dapat dikatakan sudah benar benar terecord dengan jernih di memory otak ku segala hal yang pernah aku bicarakan dengannya. masa depan terdekat dan yang paling jauh sudah pernah terjadi percakapan indah itu.
aaahhh tapi bukan itu yang ingin aku bicarakan di sini. yang ingin aku ceritakan, hibernasi hati seorang wanita yang sedang terjadi dan akan segera berakhir.

mencari kesibukan dengan memperbanyak waktu belajar, berkumpul dengan sahabat, bercerita dengan teman, atau sekedar bertelfon dan bersilahturahmi dengan teman lama. itu yang aku lakukan selama waktu hibernasi ku.
that's a positive thing to do. dan segala hal positif yang dilakukan akan memberi hasil yang positif pula. begitulah teorinya.
dan ketika aku mempraktekkannya. secara teori dan praktek, berdasarkan rumus yang dapat digunakan, hasilnya memang tidak seratus persen benar. tapi, delapan puluh persen aku akui keakuratannya.

hasilnya, beberapa kabar baik tentang nilai perkuliahan ku yang walaupun baru uts, tapi cukup bagus. bahkan ada satu mata kuliah yang aku masuk menjadi salah seorang mahasiswi yang mendapat nilai tertinggi di mata kuliah itu. :))
aku semakin dekat dengan sahabat. menghabiskan waktu yang lebih banyak bersama mereka yang menjadikan aku lebih dalam mengenal orang orang yang sayang dengan ku. dengan jokes yang sering aku celotehkan pada mereka, aku bahagia bisa membuat mereka tertawa, walaupun hanya sejenak.
semua hal itu benar-benar memberi sebuah kenyamanan tersendiri.

pada masa hibernasi ini, aku mematikan fungsi memori yang biasa aku gunain untuk mengingat kejadian-kejadian masa lalu yang baru saja berakhir. akibatnya sih kadang aku jadi suka lemot. but it's okey. selama itu bikin nyaman. dan yang paling penting aku masih terlihat normal di hadapan semua orang.

but remember. terlalu lama berada dalam zona hibernasi yang terlalu berlebihan juga nggak baik.
karna hibernasi yang terlalu berlebihan akan menyebabkan kita menjadi tidak peka terhadap setiap perasaan. perasaan terhadap orang lain dan perasaan terhadap diri sendiri.
hibernasi yang terlalu lama juga bisa menjadikan kita sosok yang akhirnya tidak bisa menerima kenyataan.

lakukan hibernasi secukupnya. sampai hati kembali siap untuk meninggalkan zona hibernasi itu.
lalu kapan waktunya?

ketika kita sudah merenungkan secara ulang segala hal dalam hidup. dari mulai hal yang paling besar sampai hal yang hanya puing-puing kecil. renungkanlah secara berurutan.
karna ketika kecewa itu merasuki hati dan fikiran, mata seakan terbutakan untuk melihat hal-hal kecil yang patut untuk disyukuri. cobalah untuk menelaah segala hal kecil yang ada di sekitar bukan hanya dengan perasaan, tetapi gunakanlah segala panca indera untuk merenungkannya. bahwa banyak hal kecil dan menyenangkan di sini.

bahwa masih banyak orang-orang yang menyayangi.
bahwa banyak hal positif yang bisa dilakukan.
bahwa kuliah, belajar adalah masa depan.
bahwa banyak hal mengasyikkan yang bisa dilewati dan dinikmati walau tanpa kehadiran seorang kekasih.
bahwa putus cinta bukanlah akhir dari segalanya.
dunia masih nyata, dunia masih serupa. hanya rasa yang tercipta berbeda.

hibernasi adalah saat berharga untuk menjadi lebih produktif, lebih aktif, dan menjadi lebih baik.di sini saatnya kita dapat mendefinisikan secara ulang identitas diri.lebih fokus terhadap mimpi dan cita-cita. saatnya mensyukuri hal-hal kecil yang belum sempat kita syukuri di hari-hari sebelumnya. kumpulkan energi positif dan bersiaplah untuk kembali pada kenyataan dalam memperjuangkan hidup.

When God closses a door, somewhere God opens another. :))

masa hibernasi ku akan segera ku akhiri beberapa bulan ke depan. setelah aku selesai merenungkan dan menelaah segala hal bersama rinciannya. setelah judul TA dan sidang proposal ku selesai.
masa hibernasi itu akan ku akhiri. dan TA akan diselesaikan dengan energi positif yang telah aku kumpulkan selama masa hibernasi itu.

selamat pagi.
hibernasi hatiku bersama radar neptunus.

No comments:

Post a Comment